Brain Hunter Blog

it’s all about what inside my brain

Waspada! munculnya era perbudakan IT

leave a comment »

Saat ini sesuatu yang namanya IT itu telah menjalar dan mengakar di sendi sendi kehidupan manusia, Seolah menjadi konsumsi primer sejajar dengan makanan. Bagi saya ndak masalah seh.. malahan menguntungkan karena saya sendiri wong IT. Tapi anehnya masih ada orang orang yang merasa pinter yang masih buta tentang IT tapi dengan lantangnya berkoar koar menentukan kebijakan tentang IT.

Sejauh ini yang saya pantau, mereka (‘orang yang merasa pinter tapi gaptek IT’) itu banyak berkeliaran di instansi instansi swasta tempat kita berkerja. Parahnya lagi posisi beberapa dari mereka dianggap superior di kalangan manajeman sehingga bebas mengatur tentang kebijakan yang berhubungan dengan IT di perusahaan itu. demikian juga dengan kroni kroni di bawahnya yang sangat lantang ngomong tentang IT demi menunjukkan jidat loyalitas mereka.

Yang saya kuatirkan adalah ini bakal menandakan munculnya era kolonialisme baru terhadap para mahluk mahluk IT. Seperti kita ketahui jumlah pertahun lulusan dengan gelar S.Kom semakin membludak, sesuatu yang menguntungkan bagi perusahaan karena untuk memilih tenaga IT semudah memilih kacang goreng. Ironis memang, di jaman yang serba IT, para mahluk IT justru dijadikan budak pemuas kebutuhan manajemen dan bagi mereka (‘orang yang merasa pinter tapi gaptek IT’) ini adalah kesempatan yang pas untuk mengimplementasikan praktik kerja Rodi bagi para pekerja IT, Dengan cara memberi deadline dan jumlah project yang sangat ketat, alih alih sebagai sikap profesionalime. Kalau kita protes? .. boleh juga, tapi itu adalah sebuah langkah spekulasi yang berat, mengingat bagi mereka, baik itu Manusia IT ataupun produk yang di buatnya tidak ada bedanya, sama sama bisa di ganti sewaktu waktu. Lha terus gmana ….

(ini bukan provokasi .. cuma buat sekedar mengingatkan sesama kuli digital)

Iklan

Written by exKalong

11 Agustus 2008 pada 11:43 am

Ditulis dalam Rowo Rowo

Tagged with , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: