Brain Hunter Blog

it’s all about what inside my brain

Totalitas Manga

with 11 comments

Sebenarnya ga enak mau nulis tentang ini masih dalam bulan puasa. Kemarin saya mendapatkan ebook berjudul “Techniques for Drawing Female Manga Characters”. Dari dulu saya punya kelemahan dalam menggambar wajah dan anatomi wanita, belakang2nya pasti malah jadi lelaki kalau enggak jadi kaya bencong. Dan setelah saya lihat isi ebook tersebut … wow detail yang luar biasa tentang anatomi tubuh wanita. bagi laki laki yg sedang puasa mending jangan lihat terusannya.

Yah karena sudah di baca terpaksa saya mengurangi kadar vulgaritasnya. Mungkin seharusnya judulnya bukan Female Manga tetapi Female Hentai… yah tapi apa bedanya. Buku ini terlalu lebih dari yang kuharapkan, saya hanya berharap bisa membuat ekspresi wajah wanita bermacam2 dan model pemposisian tubuh jika sedang duduk , berlari, etc. tapi di buku ini menjelaskan kesemuanya itu secara totalitas, artinya totally women detail … ato apalah, Sampai ada (kalo ga salah lebih dari 3 bab) yang membahas mengenai teknik menggambar women breast. Mulai bentuk, ukuran, jika sedang pakai bra, gak pake bra, posisi tengkurap … ah sudah ahh.

Rupanya penulisnya memang bener bener terlalu sangat serius banget dalam menjelaskan setiap detail. Beda dengan buku-buku semacam how to drawing manga lainnya yang masih ada rada sungkan ala ketimuran. Saya juga punya buku drawing karakter untuk kartun model eropa semacam tokoh dc komik atau marvel. Tapi manga drawing reference yang satu ini memberikan totalitas detail yang amat sangat meskipun halamannya lebih sedikit, tepatnya simple and detail. Mungkin itu yang menyebabkan manga berkembang amat pesat sampai menembus pasar eropa dan amerika.

Kita lihat kartun lawas semacam Dragon ball atau yang baru seperti Naruto, one piece dll telah menembus belantara pasar barat, berarti telah mendobrak budaya barat, terbukti telah terjadi demam naruto di negeri paman sam. Hal itu bakalan sulit dilakukan oleh tokoh2 komik kita semacam Laba-laba merah, Gundala atau Godam, karena jika memasuki pasar barat pasti sudah di hadang plagiat mereka seperti Superman, spiderman atau Flash … eh yang plagiat siapa yah .. kita atau mereka 😀 . how ever I’m still a Gundala fanatic fans.

Jepang ibarat permen karet, sangat kolot dalam budaya dan originalitas tetapi dapat menempel di mana mana. Terbukti konsistensi mereka sangat berasa sekarang. saya pun telah merasakan sejak lama semenjak pertama kali menonton filem kartun Saint Saiya. Saya di buat berdecak kagum melihat model karakternya yang unik dan berani menampilkan darah darah bercipratan, hal yang sangat tabu saya temui di film kartun jaman itu semacam ninja turtles, flash gordon atau lain lain. Memang manga berhasil mendobrak dengan cara yang ga lazim, mungkin itu buah dari pemikiran liberal orang orang jepang kali yah?

Written by exKalong

15 September 2008 pada 2:48 pm

Ditulis dalam kulihat

Tagged with , ,

11 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Wow keren juga tuh ibuknya, boleh dong fwdin ke email gw…

    Mang Kumlod

    16 September 2008 at 2:51 am

  2. mau? –> ini

    resiko tanggung sendiri wkwkwwkwkkwk

    1rw@n

    16 September 2008 at 2:25 pm

  3. Salam
    Duh gw nonton kartun apa yak lupa, selewat sie tapi busyet tokoh wanitanya itu , alamaak dadanya gede trus agak keluar-keluar gitu, duh meskipun tuh cuma animasi and kartun gettoch tapi kesannya kan ga enak hati juga ditonton anak-anak, itu kali ya hasil mendalami anatomi tubuh wanita 😀

    nenyok

    18 September 2008 at 8:32 pm

  4. Wahhh … sayang gw gak begitu suka kartun ….

    Muda Bentara

    20 September 2008 at 3:24 am

  5. haaa.. keren ini.. ^_^
    thanks bro..

    cantigi

    20 September 2008 at 4:03 am

  6. kartun cowonya cakeep cakeep heheh.
    makanya betah nonton kartun hihi

    wi3nd

    22 September 2008 at 3:56 am

  7. Wah, keren tuch!!! Eh… ampe lupa, slam knal. Gua slah stu penggila corat-coret. Rasanya nggak puas cuma hanya bisa satu-dua teknik menggambar, pengennya bisa semua ya termasuk manga. So klo blh gua dikasih dong. biar Tuhan dech yg ngebalas smua kebaekan lo ke gua. Tq b4…

    Bayu

    28 November 2008 at 7:40 am

  8. terimakasih banyakkkk….kamsyaaaaa

    nata

    20 Januari 2009 at 6:34 pm

  9. enak di lihat

    yoyo

    2 Februari 2009 at 4:18 am

  10. enak di lihat flim nya menarik
    ganbar enak lihat

    yoyo

    2 Februari 2009 at 4:19 am

  11. bikin yang banyak

    Imran Syrif

    4 Februari 2009 at 6:21 am


Tinggalkan Balasan

